Menu Tutup

Kuliah Umum Prodi PMD 20 April 2018

KULIAH UMUM PRODI PMD

Prodi PMD menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema : “Motivasi Meraih Kompetensi di Era Milenial” tema tersebut dipilih untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mempersiapkan diri untuk berkompetesi dalam meraih peluang dimasa depan demi pengembangan kariernya. Disamping itu juga untuk memotivasi mahasiswa agar dalam meniti karier  tidak bergantung pada peluang kerja baik dari Pemerintah maupun Swasta tetapi didorong untuk membuka lapangan kerja secara mandiri dengan mengembangkan potensi diri yang dimiliki masing-masing mahasiswa.

Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh 56 orang mahasiswa dengan nara sumber Drs. Prih Wardoyo, MPA dari Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi kuliah antara lain bermuatan gambaran masa depan bahwa memasuki abad 21 situasi dan kondisi dunia dalam segala aspek kehidupan  akan terus mengalami perubahan. Era Kompetensi, Digitilisasi dan keterbukaan terhadap akses telekomunikasi melalui internet sedemikian dahsyat sehingga mampu mengubah wajah kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi, Budaya dan Pertahanan Keamanan Negara-negara di dunia. Oleh sebab itu generasi milineal perlu dipersiapkan agar tidak hanyut dalam persaingan global. Berangkat dari hal-hal tersebut maka perlu sumber daya manusia yang unggul.

Menurut  nara sumber ada 3 kualifikasi dan 16 kompetensi Sumber Daya Manusia yang Unggul. Kualifikasi pertama : Literasi dasar meliputi: 1). Literasi aksara dan bahasa 2). Angka  3). Ilmu Pengetahuan  4). Teknologi Komunikasi dan Informasi 5). Keuangan dan Perdagangan 6). Budaya dan Kewarganegaraan. Kualifikasi kedua : kecakapan atau kemampuan meliputi : 1). Memecahkan masalah secara kritis 2). Kreativitas  3). Kecakapan berkomunikasi  4). Membangun kerja sama atau kolaborasi Kualifikasi Ketiga : Karakter meliputi :1). Rasa keingintahuan yang besar  2). Memiliki inisiatif  3). Tahan banting/tangguh 4). Kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan 5). Kepemimpinan dan 6). Kesadaran sosial serta budaya. Mahasiswa setelah mengikuti kuliah umum ini diharapkan memiliki semangat juang yang tinggi untuk menghadapi persaingan dan memenangkan kompetisi di era milenial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *