Merekat #3: Meningkatkan Kapasitas Pengetahuan HIMA PMD Melalui Penanaman Bibit Bersama KWT Mekar Lestari

Pada Kamis, 27 Juni 2024, Himpunan Mahasiswa Pembangunan Masyarakat Desa (HIMA PMD) telah sukses menyelenggarakan kegiatan MEREKAT #3 (Menyatu Rekat, Belajar Bersama Masyarakat). Kegiatan MEREKAT merupakan salah satu program kerja yang telah menjadi agenda tahunan yang sangat penting bagi Himpunan Mahasiswa Pembangunan Masyarakat Desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan inklusif di mana mahasiswa dan masyarakat desa dapat saling belajar dan tumbuh bersama. Melalui interaksi langsung, mahasiswa dapat memahami kearifan lokal dan tantangan sehari-hari yang dihadapi oleh masyarakat desa, serta menciptakan ruang untuk berbagi pengalaman antara mahasiswa dan masyarakat.
Kegiatan MEREKAT dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Lestari, Padukuhan Karangasem, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, DIY, di Rumah Bapak Dukuh Karangasem. Kegiatan ini bertema tentang Pertanian Berkelanjutan yang berfokus pada “Meningkatkan Kapasitas Pengetahuan HIMA PMD Melalui Pelatihan Penanaman Bibit Bersama KWT”, di mana mahasiswa Pembangunan Masyarakat Desa dapat belajar bersama KWT dan berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan pertanian di lahan milik KWT. Kegiatan terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi dan sesi praktek. Materi disampaikan oleh Bapak Sudaryono, Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) Kalurahan Sidomulyo, yang membahas tentang pertanian berkelanjutan dan mendampingi kegiatan praktek di lahan KWT.
Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Prodi PMD, Kaprodi PMD beserta beberapa Dosen Prodi PMD, Pihak Kalurahan Sidomulyo dari Kasi Ulu-ulu, serta Para Anggota KWT. Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan mahasiswa dalam bertanya dan mendengarkan materi dari narasumber. Acara pertama ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan penghargaan kepada pihak Kalurahan Sidomulyo, KWT Mekar Lestari, narasumber, serta foto bersama, disertai dengan salam dari HIMA PMD. Selanjutnya Kaprodi PMD beserta Dosen berkeliling melihat tanaman cabai yang telah siap panen didampingi oleh Bapak Dukuh dan 2 orang mahasiswa prodi PMD.
Setelah itu, mahasiswa melanjutkan kegiatan praktek di lahan milik KWT, di mana HIMA PMD juga memberikan sumbangan bibit cabai kepada KWT. Mahasiswa bersama anggota KWT melakukan kegiatan pertanian, mulai dari penanaman, perawatan, hingga pemanenan pada lahan yang mayoritas ditanami tanaman cabai. Acara ditutup dengan foto bersama mahasiswa dan anggota KWT, serta ucapan terima kasih atas partisipasinya dalam menyediakan tempat belajar bagi mahasiswa. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait dengan pertanian berkelanjutan dan pengalamannya belajar bersama masyarakat. (Oct)