PELATIHAN PUBLIC SPEAKING HIMA PMD 2023: Kembangkan Potensi, Tingkatkan Percaya Diri

Senin, 20 Maret 2023, bertempat di Studio 317 STPMD”APMD’. Divisi Kominfo Himpunan Mahasiswa Pembangunan Masyarakat Desa atau HIMA PMD melangsungkan kegiatan Pelatihan Public Speaking. Public Speaking merupakan kemampuan seseorang dalam berbicara didepan public atau umum. Public Speaking sangat penting untuk dikuasai mahasiswa karena disamping jadwal perkuliahan, mahasiswa juga memiliki kegiatan lain yaitu terkait praktik di lapangan. Hal inilah yang menjadi acuan bagi mahasiswa D3 Prodi Pembangunan Masyarakat Desa, yang mana dalam proses perkuliahan memiliki bobot yaitu 40% Teori dan 60% Praktik secara langsung, artinya mahasiswa D3 Prodi Pembangunan Masyarakat Desa secara langsung akan menerapkan kemampuan public speaking mereka dalam membantu menyelesaikan tugas lapangan.

Pelatihan Public Speaking HIMA PMD 2023 ini mendapat respon yang positif dari beberapa dosen dan juga lembaga. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua 3 bidang Kemahasiswaan, Bapak Tri Agus Susanto, S.Pd, M.Si dalam sambutannya, “Jarang ada acara pelatihan-pelatihan Public Speaking akhir-akhir ini, biasanya yang sering mengadakan adalah mahasiswa dari Prodi Komunikasi” ujarnya. “Dan kali ini di Organisasi HIMA PMD mengadakan pelatihan Public Speaking bagi saya sangat bagus, ini merupakan kesempatan bagi para Mahasiswa D3 Prodi Pembangunan Masyarakat Desa untuk mengembangkan skill mereka dalam berbicara didepan public atau umum” tambahnya.

Pelatihan Public Speaking ini menghadirkan salah seorang dosen di STPMD yaitu ibu Condrodewi Puspitasari, S.IP, M.A. dengan partisipan atau pesertanya yaitu seluruh mahasiswa Prodi PMD Angkatan 2020, 2021, dan 2022. Kegiatan berlangsung kurang lebih 2 jam dengan kegiatan yaitu penyampaian materi dilanjut dengan praktik secara langsung. Para peserta sangat antusias mengikuti Pelatihan Public Speaking ini, bisa dilihat dari perkembangan mereka dalam berbicara didepan peserta yang lain saat acara berlangsung. Ibu Ita juga menyampaikan bahwa ada perkembangan setelah mahasiswa diberikan materi dan pemahaman. Dari yang tadinya merasa gugup menjadi percaya diri dengan ekspresi mereka masing-masing dan dengan gaya mereka masing-masing.

Acara Pelatihan Public Speaking ini ditutup dengan foto bersama juga yel-yel HIMA PMD yang dibawakan oleh Ketua HIMA PMD. “HIMA PMD, SALAM MEMBANGUN 3X”. Dan tentunya acara ini tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya partisipasi mahasiswa dan juga panitia sudah jauh-jauh hari mempersiapkan acara ini. Dan semoga dengan adanya Pelatihan Public Speaking HIMA PMD 2023 ini bisa membawa manfaat bagi Mahasiswa D3 Prodi Pembangunan Masyarakat Desa. (Hermawan)