Proses Pelayanan Kemasyarakatan  di Desa Bondo Sulla Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur

Penulis: Dian Octavia Daghu (Mahasiswa Prodi PMD angkatan 2020)

Proses Pelayanan di Desa  Bondo Sulla

Proses pelayanan yang di berikan oleh desa itu sangat bagus, perkembangan teknologi saat ini membawa banyak perubahan ke berbagai aspek, tidak terkecuali aspek pelayanan administrasi masyarakat. Sehingga membuat pengurusan administrasi dapat berlangsung lebih mudah, cepat dan juga sederhana. Guna meningkatkan system manejemen pemerintahan desa harus di lakukan penataan administrasi supaya bekerja secara efisien dan efektif.  Proses penataan administrasi desa sendiri adalah pencatatan informasi dan data untuk mendukung penyelenggaran kegiatan penyelenggaran kegiatan pemerintahan desa.  

Prosedur pelayanan merupakan suatu cara untuk mempermudah alur pelayanan.  Seperti di kantor Desa Bondo Sulla, mempunyai alur pelayanan  yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan proses pelayanan. Prosedur pelayanan  yang ada di Desa Bondo Sulla, telah memberikan pelayanan yang mudah, cepat, sederhana dan tidak bebrbelit-belit dalam memberikan suatu pelayanan  terhadap masyarakat dan juga telah susai peraturan yang ada dalam menjalankan standar operasional prosedur dengan baik, bertanggung jawab dan melaksanakan tugas dengan dengan peraturan yang telah di tetapkan. Pelayanan berjalan dengan efektif dan efisien di karenakan pegawai Desa Bondo Sulla yang disiplin, peduli dan bekerja sama dengan baik. Pelayan di Desa Bondo Sulla dalam memberikan pelayanan di masyarakat sesuai peraturan dan standar operasional sudah berlaku. Namun faktor penghambatnya dalam pelayanan di Desa Bondo Sulla yaitu sarana dan prasarana seperti web belum tersedia dalam ruangan kantor desa yang kurang luas dan  sumber daya manusia yang kurang memadai. Maka perlu adanya perhatian khusus untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang dapat mendukung semakin optimalnya pelayanan administrasi di Desa Bondo Sulla.

Bagaimana petugas layanan memberikan pelayanan?

Petugas layanan memberikan pelayanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga masyarakat Desa Bondo Sula merasa puas dengan pelayanannya. Apalagi di masa pandemi, petugas selalu memberikan yang terbaik untuk  masyarakat. Pelayanan masyarakat, ia tidaklah di adakan untuk melayani diri sendiri, tapi juga untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya demi mencapai tujuan bersama. Petugas layanan memberikan pelayanan di masyarakat  tidak berbeli-belit mudah di pahami masyarakat dan mudah di laksanakan oleh masyarakat yang meminta pelayanan. Petugas pelayanan dan masyarakat Desa Bondo Sulla selalu bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga pelayanannya dapat terselenggarakan dengan baik dan lancar. Dalam pelayanan publik masyarakat tidak hanya menjadi penerima layanan melainkan sebagai pengawas eksternal. Namun kadang juga masyarakat masih ragu untuk melakukan pengaduaan, kata pengaduan yang mendapatkan persepsi yang negative. Padahal kata pengaduan bisa berdasarkan peraturan yang dapat di maknai sebagai hal yang positif dan memiliki fungsi kontrol baik.

Tingkat kepuasan masyarakat Desa Bondo Sulla dalam mengakses pelayan adalah  indikator meningkat atau tidaknya pelayanan publik. Meningkatnya pelayanan publik yang baik merupakan salah satu pembuktian kinerja pemerintah, sehingga membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejateraan masyarakat Desa Bondo Sulla.

Bagaimana masyarakat pengguna layanan merespon layanan?

Masyarakat merasa senang dan merasa puas dengan apa yang di berikan oleh petugas layanan.  Pemerintah pada hakekatnya ialah pada pelayan bagi masyarakat, pemerintah terwujud untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat bukan masyarakat yang melayani pemerintah,. Pelayanan publik yang profisional dapat diwujutkan oleh pemerintah jika adanya akuntabilitas dan respontabilitas pemberi layanan dalam hal ini aparatur pemerintah sediri. Salah satu tugas pemerintah yang terpenting adalah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat sebagus mungkin. , belum semua aparat pemerintah menyadari arti pentingnya pelayanan. Layanan diberikan oleh pemerintah melalui aparatnya  dalam (pegawai/petugas) untuk memenuhi kepentingan umum atau kepentingan perorangan, yang bertumpu pada hak dasar sebagai warga negara. bentuknya adalah bisa dalam layanan lisan, layanan dalam bentuk tulisan dan layanan dalam bentuk perbuatan. Ketiga bentuk layanan ini saling terkait, yang hasilnya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan bagi mereka yang dilayani. Dan setiap layanan yang di berikan pemerintah  masyarakat selalu merasa puas